Begini Cara Walikota Gorontalo Kembangkan Kegemaran Membaca

Walikota Gorontalo, Marthen Taha menerima Penghargaan atas Dedikasinya Membina dan Mengembangkan Kegemaran Membaca di Wilayah Kerjanya, Senin (14/12/2020).

Penghargaan ini diraih berdasarkan beberapa indikator penilaian yang dijadikan standar oleh lembaga Perpustakaan Nasional RI.

“Ada dua standar menjadi acuan dalam menilai daerah, apakah sudah mengembangkan kegemaran membaca atau belum,” jelas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Gorontalo, Drs. Surtarto.

Dua standar menjadi penilaian-nya adalah menempatkan Kantor Kearsipan dan Perpustakaan di Pusat Pemerintahan sehingga mudah diakses oleh masyarakat, dan mengikutsertakan delegasi di wilayah kerjanya dalam kegiatan nasional yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional RI.


 S.S Kiayi, Sutarto menjelaskan bahwa Walikota Gorontalo telah menempatkan Perpustakaan daerah di tempat yang stategis dan mampu mengikutsertakan delegasi dalam ajang lomba bercerita di skala nasional hingga akhirnya meraih juara harapan 1.

Dalam pengembangan-nya, Pemerintah akan berupaya meningkatkan mutu kualitas dan pelayanan Perpustakaan Daerah.

“Di Perpustakaan Daerah hanya ada 4.479 Judul Buku dan 11.165 Eksempar,” ujar Sutarto.

Untuk menuju Perpustakaan tipe C, maka minimal judul Buku harus Mencapai 8.000 judul, sehingga pemerintah masih punya PR untuk segera menyelesaikan tugas ini.

Disisi lain, kedepan akan diberlakukan digitalisasi Perpustakaan. Sehingga dalam mengakses buku, masyarakat akan lebih dipermudah.

“Kita akan buat yang namanya E-Book, biar buku-buku yang tersedia bisa juga di akses di smartphone milik masyarakat,” tutup Sutarto.(MG-01/Jian)

 

NEWSNEDIA.ID, KOTA GORONTALO.


Walikota

GALERI FOTO




VIDEO



VIDEO PROFIL KOTA GORONTALO

VOTING


Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi ?